BI5101 Biodiversitas Tropika

Kode Matakuliah:BI5101 Bobot sks:2 Semester:Ganjil KK / Unit Penanggung Jawab:Ekologi Sifat:Wajib Prodi
Nama Matakuliah Biodiversitas Tropika
Tropical Biodiversity
Silabus Ringkas Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan pemahaman mengenai nilai keberagaman hayati. Konsep keberagaman hayati ditinjau secara objektif (genetika, sistematik, ekosistem) dan sebagai sumberdaya (manfaat, keberadaan, jaminan masa depan, ekonomi, politis dan aspek lainnya). Penekanan dikonsentrasikan pada Biodiversitas Tropika Indonesia dan cara mengukur nilai keberagaman hayati suatu objek.
Tropical Biodiversity explores the comprehension about biodiversity value. This concept explores  biodiversity concept (genetics, systematic and ecology) as  well as measuring its function and environmental education potential of biodiversity and conservation of Indonesian biodiversity.
Silabus Lengkap Nilai dan pengetahuan mengenai keberagaman hayati di Indonesia sangat bervariasi dan selalu dipertanyakan.Dalam mata pelajaran ini akan dikaji mengenai Keilmuan dan dan kesadaran lingkungan (konservasi alam), dan potensi dari keberagaman hayati yang dikaitkan dengan nilai ekonomi. Di bawah ini diperinci mengenai nilai yang diperdebatkan sangat berguna. Kaitan keberagaman hayati dengan konservasi alam merangkul berbagai disiplin keilmuan untuk mempunyai bahasa dan berada pada tatanan yang sama sebagai bagian dari keberagaman hayati dan bukan sebagai fihak diluar tatanan keberagaman hayati yang siap memanfaatkan tanpa memikirkan konservasi.Oleh karena itu di akhir perkuliahan ada semacam presentasi dan debat mengenai ilmu pengetahuan, teknologi dan kemasyarakatan.
The knowledge base and the value base of biodiversity are variable and questionable. We explore the crossroads between science education in principal principles in Biology and environmental education and present a framework for tapping the environmental education potential of biodiversity. Outlined are a number stepping stones for making biodiversity meaningful to learners. It is argued that the ill defined nature of biodiversity is a useful feature. Biodiversity is renewing the discourse on nature conservation issues by bringing together different groups in society that are searching for a common language to discuss nature conservation issues in relation to sustainability issues. The resulting debate allows the socio-scientific dispute character of ‘science-in-the-making’ to surface. Participation in such a dispute is an excellent opportunity to learn about a highly relevant, controversial, emotionally charged and debatable topic at the crossroads of science, technology and society
Luaran (Outcomes) Setelah mengambil mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mempunyai persepsi yang baik dan betul mengenai keberagaman hayati dan dapat mengukur nilai, fungsi, kegunaan dan nilai ekonomi dari keberagaman hayati
Matakuliah Terkait
   
Kegiatan Penunjang Merangkum cara pengukuran nilai keanekaragaman dan diskusi kelas
Pustaka
  1. Wemmer, R., Rudran, Fr. Dallmeier, D. E. Wilson. Training Developing- Country National is the Critical Ingredient to Conserving Global Biodiversity BioScience, 43(11):762-767.
  2. Van Weelie, D. 2002. Making biodiversity meaningful through environmental education. International Journal of Science Education, 24(11): 1143 – 1156.
  3. Nagy, L. 2002. Curriculum, Sustainable Forest Management and Conservation of Biodiversity in Indonesia. University of Stirling, ISBN: 978.1857691238 – 1857691237
Panduan Penilaian Evaluasi yang dilakukan meliputi UTS, UAS, laporan, kuliah lapangan dan hasil interaksi di dalam kelas. UTS dilakukan secara tertulis untuk materi-materi yang diberikan dalam setiap bab. Bentuk soal UTS dan UAS berbentuk essei terutama dalam konsep-konsep dasar yang mendasari pemahaman mahasiswa mulai dari Bab pertama hingga bab terakhir.Komponen penilaian yang digunakan untuk memperoleh nilai akhir adalah UTS 30%; UAS 40%; Tugas I dan II masing-masing 15%; kehadiran bonus 10%. UAS, Ketepatan memberikan laporan (Tugas I dan Tugas II) dan kualitas penyerapan materi ajar. Tugas meliputi debat beberapa makalah komprehensif yang dicari sendiri dan disetujui dosen.
Catatan Tambahan