Tujuan

Tujuan umum dari penyelenggaraan pendidikan Magister Biologi adalah:

“Menghasilkan magister unggul dalam memahami dan mengembangkan ilmu Biologi, baik pada ranah sains, aplikasi maupun rekayasa melalui pengembangan kemampuan penelitian (merancang, melaksanakan, mensintesis hasil, dan mengkomunikasikan hasil baik pada level nasional dan/atau internasional) semi mandiri di bawah bimbingan dosen pembimbing”.

 

Adapun tujuan khusus pendidikan Program Studi Magister Biologi dapat disusun sebagai berikut:

  1. Membekali mahasiswa dengan pengetahuan pemersatu dalam ilmu biologi berupa “Biologi Sistem” dan “Biodiversitas Tropika”.
  2. Membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk mengidentifiaksi masalah biologi yang menjadi lingkup minat penelitian mahasiswa dan merumuskan pemecahan masalah melalui rencana penelitian.
  3. Membekali mahasiswa dengan kemampuan melaksanakan penelitian, melakukan kompilasi data, melakukan analisis dan mengambil kesimpulan atas data yang diperoleh dalam penelitian.
  4. Membekali mahasiswa dengan kemampuan komunikasi ilmiah berupa komunikasi lisan (diskusi dan seminar) maupun komunikasi tulisan dalam bentuk publikasi dan/atau thesis.
  5. Membekali mahasiswa dengan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang pengembangan ilmu Biologi yang menjadi bidang minatnya melalui penelitian