Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran dari Program Studi Magister Biologi adalah untuk menghasilkan seorang lulusan yang memiliki kemampuan utama dalam tiga aspek, yaitu:

  1. Kemampuan pemahaman pendalaman ilmu biologi
  2. Kemampuan penelitian semi mandiri
  3. Kemampuan manajemen penelitian dan komunikasi akademik

 

Strategi dari Program Studi Magister Biologi adalah melalui pembekalan mahasiswa dengan:

1. Kemampuan kurikuler, berupa :

  • Membekali mahasiswa tentang pengetahuan konsep dasar yang merupakan pemersatu dalam ilmu biologi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menjawab tantangan dan permasalahan Biologi di masyarakat.
  • Membekali lulusan dengan kemampuan mengidentifikasi masalah Biologi, merencanakan pemecahan masalah dalam bentuk proposal penelitan, pelaksanaan penelitian, kompilasi data, analisis hasil, menarik kesimpulan, mengkomunikasikan hasil penelitian (lisan dan tulisan)

2. Kemampuan ko-kurikuler, berupa:

  • Membekali lulusan dengan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dalam sains dan teknologi hayati untuk menunjang pendalaman ilmu Biologi.
  • Kemampuan melakukan pengelolaan penelitian dan komunikasi akademik berupa pengelolaan seminar dan diskusi kelompok

 

Capaian yang diharapkan dari Program Studi Magister Biologi adalah sebagai berikut:

  1. Menguasai pengetahuan Biologi terutama konsep dasar pemersatu ilmu Biologi yang dirumuskan dalam Biologi Sistem dan Biodiversitas Tropika, serta ilmu-ilmu Biologi yang menjadi fokus pengembangan keilmuan dan pendalaman penelitian yang diminati.
  2. Memiliki kemampuan mengidentifikasi masalah, merumuskan dan merencanakan pemecahan masalah, berdasar pengetahuan Biologi yang menjadi minat penelitiannya.
  3. Mampu mempraktekkan penelitian ilmiah, mengambil keputusan di dalam bidang biologi atas hasil penelitian dan bertanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada di bawah tanggung jawab bidang keahliannya.
  4. Menunjukkan kemampuan komunikasi secara ilmiah (lisan dan/atau tulisan) dalam bidang biologi, serta mampu bekerja mandiri maupun bekerjasama dalam kelompok sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.
  5. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang biologi serta menyadari pentingnya belajar sepanjang hayat.