Profil

Informasi Umum

profil

Berdasarkan perkembangan Biologi saat ini, disadari betul bahwa peran Biologi akan terus dibutuhkan untuk penanganan berbagai permasalahan kesehatan, pangan, energi dan lingkungan. Ulasan dalam majalah Newsweek mengingatkan kembali bahwa abad 21 merupakan Abad Biologi.

Program Studi Magister Biologi SITH ITB mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi peneliti semi mandiri di bidang Biologi melalui program kombinasi riset dan kuliah (research and coursework). Program riset yang ditawarkan dalam tugas akhir menggunakan 2 pendekatan, yakni “molekuler” dan “interaksi”, dengan penguatan perkuliahan berbasis disiplin keilmuan Biologi, yakni: biologi sel dan molekul, genetika, biosistematik, fisiologi, biologi perkembangan, dan ekologi. Oleh karena itu, di samping kemampuan melakukan penelitian, bekal yang dipersiapkan bagi mahasiswa adalah pendalaman disiplin ilmu Biologi pada tingkat paling mutakhir.

Program Studi Magister Biologi merupakan program magister dengan waktu studi 2 (dua) tahun dimana mahasiswa harus melengkapi 36 SKS mata kuliah. Pelaksanaan program melibatkan pertemuan kuliah rutin, kerja laboratorium, pelaksanaan Tugas Akhir dan pengembangan softskills.