Kunjungan Laboratorium Toyohashi University of Technology Jepang oleh Shanty Rahayu Kusumawardani S2 Biologi (Fisiologi Perkembangan Hewan dan Sains Biomedik)

18

Mahasiswa Program Studi Magister Biologi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati – ITB melakukan kunjungan ke Departemen Lingkungan dan Ilmu Hayati Laboratorium Developmental Neuroscience Toyohashi University of Technology dari tanggal 4 – 11 Desember 2016. Terdapat beberapa tujuan yang memotivasi mahasiswa untuk melakukan pertukaran pelajar atau kunjungan, yaitu tidak hanya untuk mengenal ragam budaya dan bahasa serta kehidupan akademik mahasiswa asing di luar negeri, tetapi juga untuk memperkaya keterampilan dan wawasan yang telah ditempa sebelumnya di ITB.

12Kegiatan yang dilakukan berupa kunjungan ke Toyohashi University of Technology (TUT). yang dilaksanakan selama lima hari efektif.  Kunjungan difokuskan untuk mengetahui kegiatan penelitian dalam bidang yang terkait dengan penelitian yang terdapat di kelompok keahlian FPHSB ITB dan untuk mengetahui sistem penerimaan mahasiswa baru melalui jalur beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jepang.

Kunjungan pada hari pertama disambut oleh Prof. Sachiko Yoshida selaku dosen penanggung jawab dan mahasiswa anggota laboratorium Developmental Neuroscence. Dilakukan “welcome party” yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh mahasiswa anggota lab yang bertujuan untuk menyambut kedatangan, bertukar informasi dan saling mengakrabkan diri. Kegiatan dilanjutkan dengan orientasi kampus, yaitu mengunjungi beberapa fakultas dan institusi yang terdapat di Toyohashi University of Tehnology beserta sarana dan prasarana penunjang lainnya.

4 6

Selanjutnya kunjungan di fokuskan pada laboratorium dan penelitian yang berada di Departemen Ilmu Hayati, khususnya untuk kelompok keilmuan fisiologi dan perkembangan hewan. Spesifikasi penelitian yang diobservasi selama kegiatan kunjungan adalah “Developmental Neuroscience” yang dipimpin oleh Sachicko Yoshida, Ph.D selaku ketua lab dan penelitian pada bidang tersebut. Selama kunjungan di lab Developmental neuroscience, mahasiswa berinteraksi dan bersosialisasi dengan mahasiswa lain, mengakrabkan diri, saring bertukar informasi baik akademik maupun budaya.  Mahasiswa mengikuti seluruh aktivitas kegiatan yang dilakukan di lab, termasuk salah satunya adalah Lab meeting yaitu berupa pertemuan seluruh anggota lab untuk melaporkan hasil penelitian yang telah dilakukan.

12 16

 

Untuk informasi beasiswa dan sistem pendaftaran di TUT, mahasiswa di dampingi oleh Sachiko Yoshida, Ph.D mengunjungi kantor ICCEED untuk bertemu dengan Prof. Hozumi dan kantor hubungan internasional. Agenda yang dibahas adalah mendiskusikan berbagai macam kesempatan beasiswa yang dapat dilamar. Pemerintah Jepang memfasilitasi beasiswa melalui program JICA dan Monbukagakusho. Pertemuan juga membahas mengenai teknis aplikasi beasiswa serta strategi yang dapat dilakukan untuk memperbesar kemungkinan kesempatan memperoleh beasiswa, terutama yang berkaitan dengan pembuatan proposal penelitian serta diagram alur penelitian yang sesuai sebagai komponen paling penting dalam kualifikasi beasiswa.

Berita Terkait